Pengabdian Masyarakat, Dosen Fakultas Teknik USU Membuat Irigasi Sumur Bor untuk Kelompok Tani di Langkat

Pengabdian Masyarakat, Dosen Fakultas Teknik USU Membuat Irigasi Sumur Bor untuk Kelompok Tani di Langkat

1

Gambar Serah Terima Irigasi Sumur Bor kepada Mitra Pengabdian

Dosen Fakultas Teknik USU, yang terdiri dari Robi Arianta Sembiring, ST., M.Eng. (Teknik Sipil), Chichi Asda, ST., M.T., (Arsitektur) dan Rezky Ariessa Dewi, S.T., M.T. (Teknik Sipil) melakukan pengabdian dalam bentuk pembangunan irigasi sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air sawah yang selama ini hanya memanfaat air tadah hujan. Bantuan ini diberikan langsung kepada kelompok tani Karya Tani di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat.
Robi Sembiring yang juga merupakan ketua pengabdian menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu petani untuk memenuhi kebutuhan air sawah khususnya pada saat musim kemarau. “Ini merupakan pengabdian kami yang kedua untuk pembangunan irigasi sumur bor di Desa Sambirejo sejak tahun lalu. Pengabdian kali ini bersumber dari Dana Non PNBP USU Tahun 2019 melalui skema pengabdian Dosen Muda Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) USU. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas usaha tani di desa ini”, ujar Robi Sembiring.
Pembangunan irigasi sumur bor dilakukan dengan memanfaatkan air tanah sebagai alternatif sumber air untuk mengairi sawah saat kemarau. Air tanah disedot dengan pompa melalui pipa, kemudian dialirkan ke sawah menggunakan selang. Metode ini cukup bermanfaat untuk sawah yang belum memiliki irigasi teknis.

 

2

Gambar pekerjaan pembuatan sumur bor

 

3

Gambar kegiatan uji pompa air

 

“Kami mengucapkan terimakasih sebaganyak-banyaknya kepada USU yang telah mempercayai kami sebagai mitra pengabdian. Irigasi sumur bor ini sangat bermanfaat bagi kami yang sering mengalamai kekurangan air sawah pada saat musim kemarau”, ujar Misno yang merupakan ketua kelompok tani Karya Tani.