Alumni

PSMTS dan Departemen Teknik Sipil (DTS) memiliki himpunan alumni yang diberi nama IKATSI USU S1 dan S2 (Ikatan Alumni Teknik Sipil USU S1 dan S2) yang sekretariatnya berlokasi di Lantai-2 Unit-5 Gedung FT USU.Untuk pengurus Ikatan Alumni Pasca Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik USU periode 2017-2019 dibentuk berdasarkan Keputusan  No.47 /UN5.2.1.4.2.7 /SK/2017 tanggal 27 Maret 2017. Nama yang terdapat dalam SK tersebut hanya pengurus inti yaitu sebagai ketua (Ahmad Bima Nusa ST, MT.), sekretaris (Husni ST,MT.), bendahara (Ir. Sanjaya Aryatnie, MT.) dan staf kepengurusan. Sedangkan untuk kepengurusan yang lain dibentuk oleh para alumni sendiri.

IKATSI USU melakukan berbagai aktivitas dalam mendukung kemajuan program studi antara lain:

  • Sumbangan dana yang diperuntukkan fasilitas berbagai alat bantu pembelajaran dan kantor administrasi PSMTS
  • Sumbangan dana yang diperuntukkan rehabilitasi ruangan IKATSI USU (Ruang serbaguna) yang berguna untuk kegiatan perkuliahan, sidang-sidang sarjana dan Pascasarjana, rapat-rapat dan pertemuan sebanyak Rp. 400.000.000.
  • Sumbangan fasilitas berbagai alat bantu proses pembelajaran seperti komputer bermerek samsung dengan monitor (GTC) sebanyak 1 unit, printer dengan merek canon MP 276 sebanyak 1 unit, laptop dengan merek Axioo sebanyak 1 unit, infocus dengan merek accer sebanyak 1 unit,layar infocus sebanyak 1 unit,white board merek Sakura sebanyak 2 Unit, meja kerja sebanyak 1 unit filling cabinet sebanyak 2 unit,, lemari panjang untuk arsip sebanyak 2 Unit,Air Condition (AC) sebanyak 2 unit, kulkas dengan merek OGENERAL sebanyak 1 unit,jam dinding dengan merek REMAX sebanyak 1 unit dan dispencer dengan merek Miyoko sebanyak 1 unit,
  • Masukan untuk perbaikan proses perbaikan belajar mengajar seperti round table discussion tentang teknik sipil, memberi masukan tentang kemajuan teknologi yang sedang berkembang di dunia kerja dan mata kuliah yang dibutuhkan sekarang dalam dunia rekayasa konstruks seperti pada matakuliah Analisa Struktur Beton Lanjutan, Elastisitas dan Plastisitas Lanjutan, Topik Khusus dalam Rekayasa Struktur, Teknik Pondasi Lanjutan, Problema Stabilitas dalam perencanaan Geoteknik, Perencanaan Pondasi Dinamik, Pengelolaan Sumber Daya Air dan Metodologi Penelitian.

Pengembangan jejaring seperti:

  • Narasumber dalam kuliah umum Topik Peranan Ditjen Bina Marga dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan pada tanggal 08 Mei 2010
  • Kegiatan Round Tabel Discussion Meletusnya Gunung Sinabung di Departemen Teknik Sipil tanggal 14 Oktober 2010
  • Berperan aktif dalam kegiatan ulang tahun ke-50 (emas) Departemen Teknik Sipil USU. Pada acara ini dilaksanakan Seminar Nasional dengan tema ”Peran Serta Fakultas Teknik USU dan Alumni dalam Pembangunan Nasional dan Regional”
  • Mendatangkan alumni yang telah berposisi sebagai pengambil keputusan dalam institusi kerjanya, serta memberi kemudahan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian tesis di institusi tempat mereka bekerja seperti di Pelindo, Bappeda, PT. Hutama Karya,.
  • Kuliah Umum dengan dan Perkembangan Teknologi Fiber di Indonesia tanggal 19 Oktober 2012, Alumni S1 dan S2 Teknik Sipil USU turut serta berperan aktif dalam pelaksanannya.
  • Pada kegiatan Studi Ekskursi ke PDAM Tirtanadi Sumatera Utara Cabang Sibolangit Kabupaten Deliserdang tanggal 26 Mei 2016.

Selain hal di atas, Mahasiswa program studi yang masih mengikuti perkuliahan juga memiliki wadah ikatan yang disebut Ikatan Mahasiswa Magister Sipil (IMM Sipil) sebagai cikal bakal wadah komunikasi alumni PSMTS antar angkatan. Komunikasi dapat berupa pembahasan mengenai kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik.