Pendaftaran

Kebijakan rekrutmen mahasiswa baru  dilakukan sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Sumatera Utara No. 1874/UN5.1.R/SK/SPB/2013 tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Pascasarjana Universitas Sumatera Utara dan Peraturan Rektor Universitas Sumatera Utara Nomor 06 Tahun 2017, tanggal 15 Mei 2017, tentang Peraturan Akademik Program Magister dan Program Doktor Universitas Sumatera Utara. Perekrutan mahasiswa baru dilakukan setiap awal tahun akademik dan dapat dilakukan setiap semester serta mengikuti kalender akademik dan dilaksanakan terpusat oleh Sekolah Pascasarjana. Dalam proses penerimaan mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana berkoordinasi dengan Biro Akademik Universitas, Fakultas, Program Studi dan Pusat Sistem Informasi. Selanjutnya, Peraturan Rektor tersebut juga mengatur tentang Proses Akademik dan Manajemen Keuangan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Program studi yang di bawah penyelenggaraan Sekolah Pascasarjana pelaksanaan proses akademik dan manajemen keuangan dilaksanakan oleh program studi dan Sekolah Pascasarjana.
  2. Program studi yang di bawah penyelenggaraan fakultas pelaksanaan proses akademik dan manajemen keuangan dilaksanakan oleh Program Studi dan Fakultas.
  3. Proses akademik sebagaimana yang dimaksud di atas berpedoman pada Peraturan Akademik Program Pendidikan Pascasarjana Universitas.

Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik, periode  penerimaan mahasiswa, jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan gender.Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan melakukan registrasi.

Penerimaan mahasiswa baru di PSMTS dilakukan setiap tahun ajaran baru. Target kuota yang ditentukan adalah 24 mahasiswa masing-masing 8 mahasiswa untuk 1 konsentrasi yang sesuai dengan daya tampung program studi. Tidak ada pemberlakuan terhadap persyaratan gender di PS. Bagi calon mahasiswa yang dosen tetapi kemampuan ekonomi kurang baik,dapat mengurus beasiswa melalui Sekolah Pascasarjana.

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang diterapkan pada program studi merujuk pada ketentuan Fakultas Teknik yang diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Memiliki ijazah S-1 Teknik dari PTN/PTS yang telah terakreditasi maupun lulusan setara S-1 dari luar negeri yang telah diakreditasi oleh BAN-PT minimal B yang diakui oleh pemerintah dalam bidang ilmu Teknik Sipil ataupun keteknikan lainnya tetapi dapat disetarakan.
  2. Transkrip Akademik dan Indeks Prestasi Kumulatif S-1 sebesar >3,00.
  3. Menyampaikan formulir lamaran yang telah diisi dengan lengkap dan benar. Formulir lamaran dapat diperoleh secara online pada situs sps.usu.ac.id.
  4. Bersedia untuk mengkuti proses seleksi penerimaan Mahasiswa Baru PSMTS USU.
  5. Persyaratan tambahan yang diberlakukan oleh program studi lulusan S-1 yang dapat diterima sebagai calon mahasiswa di PSMTS adalah memiliki ijazah sarjana dalam bidang Teknik Sipil untuk konsentrasi Struktur Bangunan dan Struktur Geoteknik. Sedangkan untuk konsentrasi Manajemen Prasarana Publik (MPP) selain Teknik Sipil juga diterima Planologi, Teknik Kelautan, Arsitektur, Geodesi serta calon dengan latar belakang engineer lainnya.

Calon mahasiswa harus mengikuti ujian seleksi akademik yang dilakukan oleh PSMTS USU.Calon mahasiswa yang sudah bekerja pada perusahaan harus mendapat izin dari atasannya dengan melampirkan surat rekomendasi dari atasan pada waktu megajukan pendaftaran diri di PSMTS. Sistem seleksi yang harus diikuti oleh calon mahasiswa setelah mendaftarkan diri sebagai calon ialah:

  1. Ujian tulis berupa Test Potensi Akademik (TPA) dengan nilai minimum 385
  2. Ujian tulis berupa Test Potensi Dasar Sipil dan test khusus konsentrasi yang dipilihnya
  3. Ujian Wawancara
  4. Menyerahkan tanda bukti kemampuan berbahasa Inggris (sertifikat) TOEFL dengan nilai ≥ 480. Bagi calon mahasiswa yang terkendala menyertakan copy sertifikat yang dimaksud pada saat pendaftaran, dapat melengkapinya di kemudian waktu paling lambat sebelum mengikuti ujian tesis. Syarat ini diminta agar tidak mengalami kesulitan dalam memahami buku-buku dan artikel ilmiah yang berbahasa Inggris. Selain itu, kemampuan bahasa Inggris ini dapat menambah kemampuan komunikasi umum maupun akademik secara Internasional

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan1 (satu) kali per tahun yaitu pada awal tahun akademik baru, bulan Juli – Agustus. Persyaratan administrasi yang harus diikuti oleh calon mahasiswa adalah sebagai berikut.

  1. Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditandatangani, serta lampiran yang dipersyaratkan dan dialamatkan kepada Direktur Sekolah Pascasarjana USU
  2. Mendapatkan izin dari atasan langsung khusus bagi calon yang bekerja pada perusahaan/instansi pemerintah atau swasta
  3. Surat rekomendasi dari dua orang yang mengetahui kemampuan akademik calon
  4. Memiliki surat keterangan badan sehat dari dokter pemerintah
  5. Pasfoto ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 3 lembar
  6. Khusus bagi calon mahasiswa asing, memiliki ijazah dari perguruan tinggi yang terakreditasi dan/atau mendapat pengakuan dari DIKTI serta memiliki visa belajar di Indonesia.

Proses pendaftaran bagi mahasiswa baru dilakukan secara online melalui situs: sps.usu.ac.id. Pada situs ini terdapat informasi mengenai jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru untuk Gelombang I (Khusus Jalur Mandiri dan Beasiswa), Gelombang II (Mandiri), pendaftaran secara online mahasiswa baru,persyaratan pendaftaran, proses pelaksanaan pendaftaran di sekolah pascasarjana, tatacara pendaftaran,tatacara pengembalian berkas,tatacara pelaksanaan ujian dan lain-lain yang merupakan informasi yang sangat penting saat pendaftaran.Contoh form pendaftaran mahasiswa baru dapat dilihat pada saat visitasi.

Nilai akhir test calon mahasiswa merupakan penjumlahan dari TPA, wawancara, Test potensi dasar teknik sipil dan test khusus konsentrasi yang dipilihnya, Pengambilan keputusan mahasiswa yang diterima untuk tingkat Fakultas dilakukan pada suatu rapat dengan pihak Dekanat dan seluruh pengelola program studi magister yang ada di Fakultas Teknik. Rapat kelulusan dilanjutkan dengan pihak Sekolah Pascasarjana USU dan seluruh program studi magister/doktor yang ada di USU.Diterima atau tidak seorang mahasiswa berdasarkan hasil ujian dari mahasiwa yang bersangkutan. Mahasiswa yang diterima dibuatkan tabelnya untuk dibuatkan SK oleh Rektor USU.