Kurikulum

Screen Shot 2018 05 14 at 00.25.49

 

Capture

Kurikulum

  • Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
  • Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi

Kompetensi utama lulusan PSMTS mencakup penguasaan kemampuan dan ilmu  untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi di dalam bidang ilmu Teknik Sipil khususnya dalam bidang rekayasa dan manajemen infrastruktur melalui riset sehingga mampu bersaing dalam tataran dunia global sesuai dengan visi dan misi PS.

Kompetensi utama (KU) dilakukan dalam rangka menghasilkan karya penelitian yang memilki novelty dengan peneliti berkarakter sebagai berikut:

  1. Menjunjung tinggi norma agama dan tanggung jawab profesional (KU1);
  2. Mampu merespon dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi Teknik Sipil (KU2);
  3. Mampu mengaktualisasikan diri dan mengembangkan prinsip komunikasi pada masyarakat di komunitas ilmiah yang relevan (KU3);
  4. Mampu memecahkan permasalahan ilmu Teknik Sipil (KU4);
  5. Mampu mengelola penelitian dan pengembangan ilmu Teknik Sipil serta mempublikasikan hasilnya melalui forum ilmiah, jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional (KU5);
  6. Mampu menguasai teori-teori di bidang rekayasa dan manajemen infrastruktur dan mampu mengaplikasikannya dalam riset (KU6).

Kompetensi Pendukung (KP)

Lulusan PSMTS meliputi landasan kepribadian, keterampilan dan kemampuan berkarya yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi inovatif melalui pendidikan formal maupun non-formal (KP1);
  2. Menguasai dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan perkembangan ilmu Teknik Sipil (KP2);
  3. Memahami substansi informasi Teknik Sipil terkait kondisi kearifan lokal (KP3);
  4. Berprinsip long life learning process (KP4);
  5. Memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris, secara aktif maupun pasif (KP5).

 Kompetensi Lainnya (KL):

Kompetensi lainnya pada lulusan PSMTS diarahkan kepada :

  1. Kemampuan dalam memfungsikan teknologi dan metode-metode baru dalam pengembangan dunia rekayasa konstruksi secara optimal, baik pada sektor pengambilan keputusan, rekayasa konstruksi maupun sektor infrastruktur lainnya (KL1).
  2. Memiliki wawasan technopreneurship, yang diharapkan mampu berwira usaha dan mandiri (KL2)
  3. Mampu bekerjasama dengan pakar bidang ilmu lain dalam mengimplikasikan perkembangan ilmu teknik sipil (KL3).